Hide Menu

Cus, Cobain 5 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Nasi yang Membandel di Wajah!

Anda Ingin Mengatasi Jerawat Nasi tapi Tidak Tahu Caranya? Berikut 5 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Nasi

Artikel Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Nasi ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Nasi 2024
© freepik.com/jcomp

Apa yang Dimaksud dengan Jerawat Nasi?

Apa yang Dimaksud dengan Jerawat Nasi?
freepik.com/jcomp

Dari sekian banyak jenis jerawat, ternyata jerawat nasi adalah salah satu permasalahan kulit yang sering kali muncul sebagai permulaan munculnya jerawat. Jerawat satu ini diberi imbuhan kata ‘nasi’ karena ukurannya yang sangatlah kecil dan hampir mirip seperti butiran nasi.

Meskipun kecil, jerawat nasi bisa sangat mengganggu serta memengaruhi kepercayaan diri seseorang, termasuk Anda. Oleh karena itu, Jelitagenk tidak boleh menyepelekan permasalahan kulit satu ini karena jerawat nasi yang dibiarkan begitu saja bisa semakin meradang, besar, dan pastinya sakit.

Anda juga tidak boleh asal-asalan mengatasi jerawat nasi karena bisa bertambah parah. Pasalnya, jerawat nasi punya cara penanganan sendiri. Tapi, Anda tidak perlu risau karena tim Jelita menemukan beberapa cara ampuh menghilangkan jerawat nasi yang bisa Jelitagenk coba di rumah.

Tips dan trik yang tim Jelita sediakan sudah pasti aman dan tidak akan menimbulkan dampak negatif ke depannya. Yuk, temukan tips dan trik mengatasi jerawat nasi yang membandel dan dapatkan kulit wajah yang Jelitagenk idam-idamkan!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Nasi - Terbaru 2024

Di section ini, tim Jelita akan membagikan cara ampuh menghilangkan jerawat nasi di wajah ataupun badan, entah itu di area sekitar mata, punggung, dahi, dada, dan lain-lain. Jadi, Jelitagenk tidak boleh melewatkan satu informasi pun. Baca penuturan selengkapnya!

1
Pencet Jerawat dengan Alat Khusus

Jangan Asal Memencet Jerawat!

Pencet Jerawat dengan Alat Khusus

2
Aplikasikan Masker Wajah Alami

Bahan Alami Apa Saja yang Bisa Dibuat Jadi Masker?

Aplikasikan Masker Wajah Alami

3
Tempelkan Acne Patch

Temukan Do's and Dont's Memakai Acne Patch!

Tempelkan Acne Patch

4
Lakukan Facial Treatment Khusus

Cara Ampuh Mengatasi Jerawat Nasi dengan Cepat

Lakukan Facial Treatment Khusus

5
Memperbaiki Pola Hidup dan Makan

Rubah Pola Hidup dan Makan Anda Mulai Sekarang!

Memperbaiki Pola Hidup dan Makan

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Jangan Asal Memencet Jerawat!
© freepik.com
1
Jangan Asal Memencet Jerawat!

Pencet Jerawat dengan Alat Khusus

Rekomendasi kami

First things first, cara menghilangkan jerawat nasi di jidat atau kening adalah memencet jerawat nasi menggunakan comedo pusher untuk mengeluarkan cairan putih. Jelitagenk tidak perlu khawatir karena cara yang satu ini tidak akan meninggalkan bekas atau noda hitam.

Berikut ini beberapa ketentuan yang harus Anda lakukan:

  1. Pertama-tama, pastikan kulit wajah dalam keadaan yang lembab. Pasalnya, kondisi kulit wajah yang lembab akan mempermudah Anda saat mengeluarkan cairan yang ada di dalam jerawat nasi tanpa melukai kulit sehingga tidak akan meninggalkan bekas. 
  2. Gunakan alat yang bernama comedo pusher guna mengeluarkan cairan putih yang ada di dalam jerawat nasi. Kalau Jelitagenk tidak punya alat ini, Anda bisa ganti dengan kapas. Pastikan untuk pakai 2 kapas ketika memencet jerawat agar tangan tidak bersentuhan langsung dengan jerawat. Jangan mengeluarkan isinya secara paksa karena bisa meninggalkan bekas luka!
  3. Sehabis itu, oleskan krim pelembab atau moisturizer yang teksturnya cair untuk mencegah terjadinya iritasi dan inflamasi. Jelitagenk bisa pakai moisturizer yang mengandung vitamin C karena kandungan tersebut efektif dalam mengatasi jerawat nasi. 
Bahan Alami Apa Saja yang Bisa Dibuat Jadi Masker?
© freepik.com/racool-studio
2
Bahan Alami Apa Saja yang Bisa Dibuat Jadi Masker?

Aplikasikan Masker Wajah Alami

Cara mengatasi jerawat nasi selanjutnya adalah mengaplikasikan masker wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami. Menariknya lagi, cara yang satu ini juga bisa mencegah timbulnya jerawat nasi di kulit wajah maupun badan Anda.

Lantas, bahan-bahan alami apa saja yang bisa mengatasi sekaligus mencegah timbulnya jerawat nasi? Simak penuturan di bawah ini!

  • Cara Membuat Masker Wajah dari Tumbuhan Lidah Buaya

  1. Tuang gel lidah buaya secukupnya ke dalam wadah bersih
  2. Aplikasikan ke bagian wajah atau badan yang terkontaminasi jerawat nasi
  3. Biarkan selama 15-20 menit guna meredakan peradangan dan kemerahan akibat jerawat nasi
  4. Bilas dengan air hangat, lalu keringkan dengan tisu atau handuk
  • Cara Membuat Masker Wajah dari Tea Tree Oil

  1. Masukkan beberapa tetes tea tree oil dan minyak kelapa atau minyak zaitun secukupnya ke dalam mangkuk, lalu campurkan semua bahan
  2. Oleskan ke area wajah atau badan yang terkena jerawat nasi menggunakan kapas
  3. Tunggu selama beberapa jam atau semalaman
  4. Kemudian, bilas dengan air hangat
  • Cara Membuat Masker Wajah dari Madu

  1. Campurkan 1 sdt madu dan 1/2 sdt bubuk kayu manis ke dalam wadah bersih
  2. Sapukan ke bagian wajah atau badan yang terkontaminasi dengan jerawat nasi
  3. Diamkan selama beberapa menit sekiranya 10-15 menit
  4. Selanjutnya, bilas dengan air hangat dan keringkan
  • Cara Membuat Masker Wajah dari Tomat

  1. Masukkan sari tomat, putih telur, lemon, dan madu ke dalam wadah
  2. Aduk semua bahan hingga tercampur
  3. Aplikasikan ke bagian wajah atau badan yang terkena jerawat nasi
  4. Kemudian, biarkan selama 10-15 menit
  5. Jika sudah, bilas dengan air hangat
  6. Lakukan cara yang satu ini setidaknya 1-3 kali dalam seminggu
Temukan Do's and Dont's Memakai Acne Patch!
© freepik.com
3
Temukan Do's and Dont's Memakai Acne Patch!

Tempelkan Acne Patch

Rekomendasi kami

Next, cara menghilangkan jerawat nasi yang ada di pipi, dahi, dagu, dan bagian muka lainnya adalah menempelkan acne patch di atas jerawat nasi. Hal tersebut bertujuan untuk mengangkat semua cairan yang ada di dalam benjolan jerawat nasi.

Acne pacth juga mampu melindungi jerawat nasi dari gesekan atau sentuhan tangan dan juga bakteri selama proses penyembuhan (Dewi Rana S, 2024:2). Pastikan untuk menempelkan acne patch setelah mencuci muka sebab acne patch dapat bekerja lebih efektif pada kulit wajah yang bersih dan kering.

Jangan pakai acne patch setelah pakai skincare! Pasalnya, lapisan produk skincare bisa menghalangi acne patch untuk menempel dengan baik pada kulit wajah. Sebaiknya, pemakaian acne patch dilakukan saat jerawat sudah matang, bernanah atau jika muncul tipe jerawat pustula.

Sebagai informasi tambahan, acne patch kurang cocok untuk jerawat yang belum mateng atau jerawat yang masih mendem. Jadi, Jelitagenk jangan coba-coba untuk menempelkan acne patch di atas jerawat mendem atau jerawat yang masih belum mateng karena hal tersebut akan sia-sia. 

Cara Ampuh Mengatasi Jerawat Nasi dengan Cepat
© freepik.com
4
Cara Ampuh Mengatasi Jerawat Nasi dengan Cepat

Lakukan Facial Treatment Khusus

Kalau Jelitagenk sudah melakukan berbagai macam cara agar jerawat nasi bisa hilang tapi hal tersebut tidak membuahkan hasil, cobalah untuk melakukan perawatan medis di dokter kulit. Anda bisa pilih salah satu dari bermacam-macam perawatan medis yang akan ditawarkan oleh dokter kulit, seperti mikrodermabrasi, laser, dan chemical peels.

Akan tetapi, perlu diingat kembali jika Jelitagenk harus benar-benar mempertimbangkan jenis perawatan apa yang paling dibutuhkan oleh kulit Anda. Pasalnya, cara menghilangkan jerawat nasi di wajah melalui perawatan medis membutuhkan biaya yang banyak karena harganya cukup mahal. Jadi, bijaklah dalam memilih jenis perawatan medis yang akan Jelitagenk lakukan. 

Rubah Pola Hidup dan Makan Anda Mulai Sekarang!
© freepik.com
5
Rubah Pola Hidup dan Makan Anda Mulai Sekarang!

Memperbaiki Pola Hidup dan Makan

Supaya jerawat nasi tidak kembali lagi, tim Jelita menganjurkan Anda untuk merubah pola hidup dan juga makan agar lebih sehat sekaligus seimbang. Sebagai contoh, rutin mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, rajin berolahraga, tidak malas untuk minum air putih sebanyak 8 gelas sehari, dan masih banyak lagi. 

Kondisi tubuh yang sehat mampu menangkal semua jenis penyakit dan juga permasalahan kulit, entah itu jerawat, bruntusan, komedo, dan lain sebagainya. Meskipun penyebab terbesar kemunculan jerawat nasi adalah hormon, tapi tidak ada salahnya untuk menerapkan pola hidup dan makan yang sehat mulai dari sekarang. 

Tanya Jawab Seputar Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Nasi

Kalau Jelitagenk belum merasa cukup dengan informasi di atas, Anda bisa membaca section ini yang berisi informasi tambahan seputar cara ampuh menghilangkan jerawat nasi. Tanpa perlu basa-basi lagi, cus, scroll artikel ini!

Salep apa yang bisa menghilangkan jerawat nasi dan bekasnya?

Berikut beberapa rekomendasi salep atau obat jerawat yang bisa menghilangkan bekas jerawat nasi yang ada di wajah Anda:

Acnes Spot CareAcnes Sealing Jell
Acnol Gel for AcneDermatix Acne Spot Care
Verile Blemish CreamAcnemed Gel

Bagaimana menghilangkan jerawat dalam 1 malam?

Temukan beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat dalam 1 malam saja. 

  • Mengoleskan obat atau salep khusus jerawat
  • Mengaplikasikan skincare yang mengandung tea tree oil
  • Membalurkan gel lidah buaya atau aloe vera
  • Menggunakan masker wajah dengan kandungan teh hijau
  • Mengompres kulit wajah dengan es batu
  • Memakai masker wajah yang terbuat dari belerang atau sulfur

Apa penyebab jerawat yang tak kunjung sembuh?

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab dari jerawat yang tak kunjung sembuh:

  • Memakai produk skincare yang kurang tepat
  • Mengaplikasikan produk skincare secara berlebihan
  • Sering menyentuh wajah dengan tangan yang kotor
  • Kurangnya jam tidur karena terlalu sering begadang
  • Sering memegang atau memencet jerawat dengan tangan kotor
  • Tidak menjaga pola makan, contohnya gemar makan junk food

Apakah jerawat dan bruntusan itu sama?

Berbeda. Bruntusan atau kukul adalah permasalahan kulit yang ditandai dengan bintik-bintik kecil yang hampir menyerupai sebutir pasir. Sedangkan jerawat adalah suatu kondisi kulit yang ciri-cirinya berupa benjolan tunggal berwarna merah yang berisi nanah. Jerawat dibagi menjadi beberapa jenis, mulai dari jerawat pustula, jerawat papula, jerawat batu, jerawat nodul, dan jerawat hormon.

Kesimpulan: Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Nasi

Arti dari pembahasan menarik satu ini hanya ingin menginformasikan kepada Jelitagenk sekalian mengenai cara ampuh mengatasi sekaligus menghilangkan jerawat nasi yang membandel. Hal tersebut bertujuan agar jerawat nasi tidak terus-terusan menempel di wajah Anda karena bisa bikin gak percaya diri

Selain itu, Jelitagenk bisa berjaga-jaga apabila tanda-tanda jerawat nasi mulai muncul di wajah atau badan. Semisal jerawat nasi tiba-tiba muncul, tidak perlu bingung mencari cara untuk menghilangkan jerawat nasi. Untuk Anda yang masih bingung mengenai bentuk dan juga contoh jerawat nasi, Jelitagenk bisa cari gambarnya di Google. Semoga berhasil! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Terlama
Terbaru
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo