Hide Menu

Tidak Percaya Diri dengan Tumit yang Gelap? Cobain 5 Cara Membersihkan Tumit Kaki Hitam!

Berikut adalah 5 Cara Membersihkan Tumit Kaki Hitam Terbaik dan Wajib Anda Coba di Rumah. Penasaran? Yuk, Simak Artikel Ini!

Artikel Cara Membersihkan Tumit Kaki Hitam ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Membersihkan Tumit Kaki Hitam 2024
© freepik.com

Kenali Penyebab Mengapa Tumit Kaki Sering Menghitam

Kenali Penyebab Mengapa Tumit Kaki Sering Menghitam
freepik.com

Mungkin selama ini Jelitagenk tidak pernah menyadari kalau penyebab dari permasalahan tumit kaki yang hitam itu berasal dari kebiasaan buruk Anda sendiri. Contohnya, kurang menjaga kebersihan daerah kaki dan tidak pernah melakukan eksfoliasi badan.

Memang benar adanya jika tumit kaki adalah bagian tubuh yang jarang terlihat. Namun, bukan berarti Anda tidak menjaga kebersihan area tumit kaki. Selain itu, mengembalikan kondisi tumit kaki seperti semula yang cerah dan bersih itu tidaklah mudah dan butuh kesabaran yang ekstra.

Bagaimana tidak, pasalnya, tumit kaki yang hitam merupakan indikasi menumpuknya kotoran dan juga sel kulit mati pada bagian tumit kaki. Kalau sudah begitu, apa yang sebaiknya Anda lakukan agar tumit kaki kembali bersih dan cerah?

Sebenarnya, ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan kondisi tumit kaki agar bersih dan juga cerah. Jika penasaran dan ingin mencerahkan tumit kaki yang hitam, Jelitagenk perlu menyimak artikel ini. Tim Jelita telah merangkum beberapa tips dan trik cara membersihkan tumit kaki hitam yang dijamin manjur dan terbaik. So, stay tune!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Membersihkan Tumit Kaki Hitam - Terbaru 2024

Kali ini, tim Jelita akan memperkenalkan beberapa tips dan trik cara membersihkan tumit kaki hitam secara cuma-cuma untuk Jelitagenk sekalian. Jadi, pastikan Anda tidak melewatkan satu informasi pun. Yuk, baca selengkapnya!

1
Balurkan Minyak Zaitun ke Tumit Kaki

Jadikan Minyak Zaitun Sebagai Masker atau Lulur

Balurkan Minyak Zaitun ke Tumit Kaki

2
Rendam Kaki ke Dalam Air Garam dan Lemon

Tenang, Gak Bakalan Sakit atau Cekat-Cekit!

Rendam Kaki ke Dalam Air Garam dan Lemon

3
Ratakan Minyak Kelapa di Tumit Kaki

Percaya Deh, Tumit Kaki Anda Bakalan Putih

Ratakan Minyak Kelapa di Tumit Kaki

4
Gunakan Campuran Cuka Apel dan Air

Bisa Sembuhkan Berbagai Permasalahan pada Kaki

Gunakan Campuran Cuka Apel dan Air

5
Oleskan Lidah Buaya ke Tumit Kaki

Anda Juga Bisa Mengaplikasikannya ke Siku Tangan

Oleskan Lidah Buaya ke Tumit Kaki

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Jadikan Minyak Zaitun Sebagai Masker atau Lulur
© freepik.com
1
Jadikan Minyak Zaitun Sebagai Masker atau Lulur

Balurkan Minyak Zaitun ke Tumit Kaki

Rekomendasi kami

Cara menghilangkan tumit hitam dan kering yang pertama adalah dengan merendam kaki menggunakan air rendaman minyak zaitun, cuka, dan air. Hal tersebut bertujuan untuk meluruhkan kotoran dan sel kulit mati yang ada di tumit kaki.

Selain itu, campuran minyak zaitun dan cuka juga bisa membuat tumit menjadi halus dan cerah berkat adanya kandungan antioksidan dan anti radang. Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu menuangkan minyak zaitun, cuka, dan air hangat secukupnya ke dalam baskom.

Kemudian, rendam kaki Anda dengan cairan tersebut sekitar 30 menit. Selanjutnya, bilas menggunakan air bersih atau bila perlu Anda bisa menggosoknya secara perlahan dengan batu apung yang halus. Lakukan cara ini sebanyak 1-2 kali seminggu untuk hasil terbaik dan memuaskan!

Tenang, Gak Bakalan Sakit atau Cekat-Cekit!
© freepik.com
2
Tenang, Gak Bakalan Sakit atau Cekat-Cekit!

Rendam Kaki ke Dalam Air Garam dan Lemon

Rekomendasi kami

Cara memutihkan kulit kaki terutama bagian tumit selanjutnya adalah merendam kaki ke dalam campuran garam, air perasan atau sari lemon, dan air hangat. Setiap bahan yang Anda gunakan mempunyai fungsi atau peran masing-masing, lho.

Pertama, ada garam yang bisa mencerahkan kulit kaki atau tumit serta menghaluskan tumit kaki yang kasar. Kedua, ada air sari atau perasan lemon yang berfungsi untuk mengangkat dan membersihkan sel kulit mati atau kulit kering yang membandel.

Jadi, bisa dibayangkan jika kedua bahan tersebut mengenai tumit kaki Anda yang hitam dan kasar.  Hal pertama yang harus dilakukan adalah melarutkan 2 sdm garam ke dalam ember yang berisi air hangat, kemudian tambahkan perasan air lemon secukupnya.

Selanjutnya, masukkan kedua kaki ke dalam ember dan rendam selama 15-30 menit. Selepas itu, gosok tumit kaki dengan sikat kaki atau batu apung, lalu bilas dengan air. Percaya deh, tumit kaki Anda akan nampak lebih mulus dan cerah. 

Percaya Deh, Tumit Kaki Anda Bakalan Putih
© freepik.com
3
Percaya Deh, Tumit Kaki Anda Bakalan Putih

Ratakan Minyak Kelapa di Tumit Kaki

Rekomendasi kami

Tips selanjutnya yang bisa mengembalikan tumit kaki agar bersih dan cerah adalah mengoleskan minyak kelapa ke seluruh bagian tumit kaki. Minyak kelapa ternyata diperkaya dengan vitamin E dan minyak essensial yang dipercaya bisa membersihkan, menghaluskan, sekaligus mencerahkan tumit kaki. 

Jelitagenk hanya perlu mengoleskan minyak kelapa ke bagian tumit kaki secara merata, lalu diamkan selama 15 menit. Selanjutnya, bilas tumit kaki dengan air hangat, kemudian keringkan dengan tisu kering. Jika sudah, jangan lupa untuk mengaplikasikan body lotion, ya!

Bisa Sembuhkan Berbagai Permasalahan pada Kaki
© freepik.com/jcomp
4
Bisa Sembuhkan Berbagai Permasalahan pada Kaki

Gunakan Campuran Cuka Apel dan Air

Rekomendasi kami

Next, cara memutihkan dan menghaluskan tumit kaki secara alami adalah mengoleskan cuka apel ke bagian tumit kaki secara merata. Ternyata cuka apel mengandung sifat antijamur yang mampu mengatasi tumit kaki yang hitam dan kasar. 

Cuka apel juga mengandung asam asetat yang dapat memutihkan tumit kaki sekaligus menghentikan penyebaran infeksi ke jari-jari kaki, contohnya jempol. Selain memutihkan dan menghaluskan tumit kaki, cairan cuka apel juga bisa melunakkan kapalan yang keras atau callus pada kaki Anda.

Dijamin deh, kapalan di kaki Anda akan mengelupas dengan sendirinya. Supaya tumit kaki Anda tidak mengalami luka bakar akibat cuka apel, sebaiknya campurkan cuka apel dengan air hangat.

Gunakan cuka apel secukupnya saja, lalu tuangkan ke dalam ember yang sudah terisi dengan air hangat. Selepas itu, masukkan kaki Anda ke dalam ember dan rendam selama 2o menit. Apabila baunya terlalu menyengat, Jelitagenk bisa menambahkan minyak essensial. 

Anda Juga Bisa Mengaplikasikannya ke Siku Tangan
© freepik.com
5
Anda Juga Bisa Mengaplikasikannya ke Siku Tangan

Oleskan Lidah Buaya ke Tumit Kaki

Rekomendasi kami

Last but not least, Jelitagenk bisa mengaplikasikan gel lidah buaya atau aloe vera pada tumit kaki yang kasar dan menghitam. Pasalnya, aloe vera gel dipercaya bisa mencerahkan tumit kaki agar tampak putih dan cerah. Gel lidah buaya juga bisa menghaluskan permukaan tumit kaki yang keras, lho

Untuk cara pemakaiannya, balurkan gel lidah buaya ke bagian tumit kaki dan diamkan selama beberapa menit kira-kira 15-20 menit. Jelitagenk bisa menggunakan lidah buaya asli atau membeli aloe vera gel di e-commerce atau toko kecantikan. Tidak ada yang berbeda karena kedua produk tersebut sama saja. 

Tanya Jawab Seputar Cara Membersihkan Tumit Kaki Hitam

Berbeda dengan section sebelumnya, karena section satu ini berisi fakta dan informasi tambahan seputar cara membersihkan tumit kaki hitam. Tentu saja informasi dan fakta tambahan tersebut nantinya akan bermanfaat untuk Jelitagenk sekalian. Yuk, simak lebih lanjut!

Kenapa telapak kaki berwarna hitam?

Pada dasarnya, telapak kaki yang menghitam disebabkan oleh berbagai macam faktor. Contohnya, telapak kaki sering terkena paparan sinar matahari, kurang menjaga kebersihan telapak kaki, telapak kaki terkena gesekan yang berlebihan, serta adanya infeksi jamur. Jika Jelitagenk mengalami hal ini, segera lakukan penanganan!

Telapak kaki yang sehat berwarna apa?

Telapak kaki yang normal atau sehat biasanya berwarna merah muda dan bersih dari noda. Kalau telapak kaki Anda berwarna hitam atau selain merah muda, Jelitagenk harus dengan segera memeriksakan hal tersebut ke dokter kulit. 

Apakah minyak zaitun bisa untuk kaki pecah-pecah?

Selain membersihkan noda hitam pada telapak kaki, nyatanya minyak zaitun juga bisa melembapkan telapak kaki yang kering dan pecah-pecah atau rorombeheun. Hal tersebut dikarenakan minyak zaitun mengandung bahan aktif yang bisa melembabkan kulit serta melepaskan lapisan sel-sel kulit mati yang merupakan penyebab busik pada kaki (Oktari Yolanda, 2013:8).

Adakah cara mengatasi mata kaki hitam dan belang dengan cepat?

Tentu ada. Berikut adalah tips dan trik cara menghilangkan hitam di mata kaki yang bisa Anda lakukan:

  • Menjaga kebersihan kaki terutama bagian mata kaki
  • Selalu pakai pelembab, entah itu body lotion atau body serum
  • Rutin melakukan eksfoliasi terutama bagian tumit kaki
  • Tidak pernah lupa untuk pakai sunblock sebelum beraktivitas
  • Hindari gesekan yang terlalu berlebihan pada bagian mata kaki

Obat atau salep apa yang bisa memutihkan dan menghaluskan tumit kaki?

Kalau obat tidak ada, tapi ada beberapa rekomendasi salep yang bisa Anda pakai untuk memutihkan tumit kaki, seperti:

  • Purbasari Kanna White Cream
  • Vaseline Repairing Petroleum Jelly
  • Viva Skin Food Cream Extra Care
  • Sebamed Extreme Dry Skin Repair Foot Cream
  • LooLoo Smooth Feet
  • Biarfit Tupepe Foot Cream

Kesimpulan: Cara Membersihkan Tumit Kaki Hitam

Arti dari pembahasan ini sebenarnya cukup simple karena tim Jelita hanya ingin membagikan informasi seputar tips dan trik mencerahkan tumit kaki yang hitam. Selain mencerahkan tumit kaki yang hitam, tips dan trik di atas juga bisa membantu melancarkan peredaran darah, lho.

Mulai sekarang, Jelitagenk sekalian harus mulai menerapkan tips dan trik di atas supaya permasalahan tumit kaki yang hitam tidak semakin parah atau menjadi-jadi. Ayo pilih metode yang tepat agar penampilan Anda semakin sempurna. Semoga berhasil!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Terlama
Terbaru
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo