Hide Menu

Catat Langkah-Langkah 5 Cara Membuat Serum Wajah dari Beras, Gampang Banget, Lho!

Hanya di Artikel Ini Anda Bisa Menemukan Cara Membuat Serum Wajah dari Beras dengan Benar. Yuk, Baca Penuturan Lengkapnya!

Artikel Cara Membuat Serum Wajah dari Beras ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Cara Membuat Serum Wajah dari Beras 2024
© freepik.com

Apa Saja Manfaat Air Beras untuk Kulit Wajah?

Apa Saja Manfaat Air Beras untuk Kulit Wajah?
freepik.com/lifeforstock

Belakangan ini, ada sejumlah brand produk kecantikan ternama yang memasukkan air beras sebagai bahan utama produk kecantikan yang mereka tawarkan. Namun, sayangnya masih ada sebagian orang yang belum mengetahui kegunaan air beras untuk kulit wajah.

Jika selama ini Jelitagenk selalu membuang air cucian beras, maka pertimbangkan kembali kebiasaan tersebut. Pasalnya, air yang sering Anda anggap kotor itu ternyata mempunyai khasiat yang menakjubkan untuk kulit.

Menariknya lagi, air beras kaya akan kandungan gamma-oryzanol, 75 – 80% zat tepung, mineral, vitamin B dan E, serta antioksidan. Jadi, tidak mengherankan jika air beras banyak dijadikan sebagai bahan dasar skincare. Berikut fungsi air beras untuk kulit wajah:

  • Mencerahkan kulit wajah yang kusam
  • Menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam
  • Menenangkan kulit yang iritasi atau kemerahan
  • Memperlambat tanda-tanda penuaan dini
  • Memproteksi kulit dari sinar UV dan radikal bebas
  • Menghilangkan garis halus dan keriput
  • Mempercepat proses penyembuhan jerawat

Tidak hanya itu, air beras juga mempunyai beberapa khasiat lain, seperti melebatkan rambut, menghilangkan bau kaki, dan masih banyak lagi. Menarik, bukan?

Berhubung Jelitagenk sudah mengetahui khasiat air beras untuk wajah, maka tim Jelita akan mengajak Anda ke pembahasan berikutnya, yakni cara membuat serum wajah dari beras. Tanpa perlu berlama-lama lagi, cus, scroll artikel ini!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Membuat Serum Wajah dari Beras - Terbaru 2024

Mungkin Anda masih bertanya-tanya bagaimana cara memakai air beras untuk wajah. Tenang saja, karena tim Jelita akan membagikan step by step cara membuat serum wajah dari beras yang super gampang. Yuk, baca section ini sekarang juga!

1
Gunakan Beras Organik Terbaik

Cara Membuat Air Beras untuk Wajah yang Pertama!

Gunakan Beras Organik Terbaik

2
Cuci Bersih Beras sampai Bersih

Jangan Lupa untuk Mencuci Berasnya!

Cuci Bersih Beras sampai Bersih

3
Tiriskan Sejenak, Rebus Beras yang Tadi

Taruh Beras yang Sudah Dicuci ke Dalam Wadah

Tiriskan Sejenak, Rebus Beras yang Tadi

4
Saring Beras yang Sudah Direbus

Pakai Saringan yang Telah Tim Jelita Rekomendasikan

Saring Beras yang Sudah Direbus

5
Masukkan ke Dalam Botol Pipet

Voila, Serum Air Beras Alami Sudah Bisa Dipakai!

Masukkan ke Dalam Botol Pipet

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Cara Membuat Air Beras untuk Wajah yang Pertama!
© freepik.com/jcomp
1
Cara Membuat Air Beras untuk Wajah yang Pertama!

Gunakan Beras Organik Terbaik

Rekomendasi kami

Tim Jelita sarankan untuk memilih dan menggunakan beras organik ketika membuat serum wajah dari air beras. Pasalnya, beras organik dihasilkan dengan proses organis tanpa menggunakan pestisida sehingga bebas dari kandungan bahan kimia berbahaya (Yoben Manullang, 2023:29).

Hal ini bertujuan agar kulit wajah tidak mengalami iritasi dan efek samping berbahaya lainnya. Akan tetapi, Jelitagenk sekalian tidak perlu khawatir karena tim Jelita telah menemukan rekomendasi beras organik terbaik yang pastinya dijual dengan harga terjangkau.

Jadi, Jelitagenk sekalian tidak perlu capek-capek mencari beras organik di toko kelontong, minimarket, ataupun e-commerce. Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu klik attach link yang telah kami sediakan. 

Jangan Lupa untuk Mencuci Berasnya!
© freepik.com
2
Jangan Lupa untuk Mencuci Berasnya!

Cuci Bersih Beras sampai Bersih

Step berikutnya dari cara membuat serum wajah dari beras adalah mencuci beras sampai bersih agar tidak ada debu kotoran yang menempel. Berikut cara mencuci beras yang benar agar bersih dan bebas dari kotoran yang menempel:

  1. Pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu agar tangan Anda terbebas dari debu dan kotoran.
  2. Ambil beras secukupnya dan taruh di dalam wadah yang bersih. 
  3. Cuci beras dengan gerakan memutar sebanyak 2 sampai 3 kali. Lakukan dengan cepat agar beras tidak terlalu menyerap air. 
  4. Buang air cucian beras dan tuang air ke dalam wajah. Cuci beras lagi dengan gerakan memutar. Ulangi langkah satu ini sebanyak 2-3 kali hingga warna air cucian beras jernih.
  5. Hindari menggosok-gosok beras ketika mencucinya! Hal tersebut bisa bikin vitamin yang ada di dalam beras jadi ikut terbuang. 
Taruh Beras yang Sudah Dicuci ke Dalam Wadah
© freepik.com
3
Taruh Beras yang Sudah Dicuci ke Dalam Wadah

Tiriskan Sejenak, Rebus Beras yang Tadi

Apabila Jelitagenk sudah selesai mencuci beras sampai bersih, maka langkah selanjutnya adalah menempatkan beras yang sudah dicuci ke dalam panci yang bersih. Namun, jangan tuang air cucian beras yang tadi ke dalam panci karena Anda akan merebus beras tersebut nanti.

Tiriskan beras yang sudah dicuci sebentar saja agar air yang ada di dalam beras tidak menghilang. Selanjutnya, masukkan air bersih secukupnya ke dalam panci sampai beras terendam semuanya. Baru deh rebus selama beberapa menit sampai air yang ada di dalam panci tersebut mendidih.

Pakai Saringan yang Telah Tim Jelita Rekomendasikan
© freepik.com
4
Pakai Saringan yang Telah Tim Jelita Rekomendasikan

Saring Beras yang Sudah Direbus

Rekomendasi kami

Jika air di dalam panci tersebut sudah mendidih, Jelitagenk bisa angkat panci tersebut dan tiriskan air rebusan beras. Kemudian, Anda bisa menyaring air rebusan beras menggunakan saringan atau kain peras yang sudah tim Jelita sediakan seperti di atas. 

Jelitagenk sekalian tidak perlu memeras beras yang sudah direbus karena yang Anda perlukan hanyalah air rebusan beras saja. Sebelum menuangkannya ke dalam botol pipet, Jelitagenk bisa menaruh air rebusan beras ke dalam kulkas terlebih dahulu agar lebih tahan lama. 

Voila, Serum Air Beras Alami Sudah Bisa Dipakai!
© freepik.com
5
Voila, Serum Air Beras Alami Sudah Bisa Dipakai!

Masukkan ke Dalam Botol Pipet

Rekomendasi kami

Tahapan selanjutnya adalah memasukkan air beras ke dalam botol pipet atau botol yang hampir sama dengan serum wajah. Supaya tidak bleber ke mana-mana, Jelitagenk bisa menggunakan corong kecil guna memindahkan air beras ke dalam botol pipet.

Selepas itu, simpan serum air beras ke dalam lemari pendingin atau kulkas. Biasanya, serum air beras bisa bertahan selama 1 minggu jika Anda simpan di dalam kulkas. Pakailah serum air beras setiap hari agar kulit wajah Jelitagenk jadi lebih cerah, glowing, dan pastinya bebas dari noda bekas jerawat. 

Tanya Jawab Seputar Cara Membuat Serum Wajah dari Beras

Hanya di section ini, Jelitagenk sekalian akan menemukan informasi tambahan seputar cara membuat serum wajah dari beras. Daripada tambah penasaran, mending simak penuturan di bawah ini dengan saksama!

Bagaimana cara membuat serum lidah buaya?

Lidah buaya mampu mengatasi permasalahan kulit kering karena bahan ini dipercaya bisa menghidrasi dan melembapkan kulit. Bukan cuma itu saja, kelebihan lidah buaya yang lain adalah menenangkan kulit iritasi atau kemerahan. Berikut cara membuat serum lidah buaya:

  1. Siapkan 2 sendok makan gel lidah buaya.
  2. Masukkan gel lidah buaya ke dalam wadah bersih.
  3. Tuangkan air mawar secukupnya.
  4. Campurkan kedua bahan tersebut, lalu oleskan ke seluruh muka.
  5. Diamkan serum lidah buaya selama 10 hingga 15 menit.
  6. Kemudian, bilas wajah Anda sampai bersih.

Apakah air beras bisa dibuat toner?

Bisa banget! Berikut step by step cara membuat face toner dari air beras:

  1. Ambil segenggam beras dan tuang ke mangkuk atau wadah.
  2. Cuci beras sebanyak satu kali saja guna menghilangkan kotoran yang menempel pada beras dengan gerakan memutar. Kemudian, buang air cucian beras secara perlahan. 
  3. Ulangi langkah kedua, tapi kali ini Anda tidak perlu membuang air cucian beras. 
  4. Taruh saringan di atas mangkuk atau wadah yang kosong, lalu saring air cucian beras ke dalam mangkuk atau wadah bersih. 
  5. Tuang air beras yang sudah disaring tadi ke dalam botol spray.
  6. Campurkan air beras dengan 2 tetes tea tree oil sebagai anti bakterial untuk melindungi kesegaran toner. 

Bagaimana cara membuat masker wajah dari beras?

Simak langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara membuat masker wajah dari beras!

  1. Siapkan tepung beras dan minyak zaitun.
  2. Tuangkan tepung beras dan minyak zaitun ke dalam wadah bersih.
  3. Aduk tepung beras dan minyak zaitun agar tercampur merata.
  4. Kemudian, aplikasikan ke seluruh muka.
  5. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas wajah Anda hingga bersih.

Apakah campuran kopi dan lemon bisa dipakai ke wajah?

Tentu saja bisa. Anda bisa mengkombinasikan kopi dan lemon sebagai face scrub guna mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Selain untuk face scrub, campuran kedua bahan ini juga bisa Anda aplikasikan ke badan sebagai body scrub. Gunakan racikan ini sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Kesimpulan: Cara Membuat Serum Wajah dari Beras

Siapa sangka jika air beras yang sering dibuang oleh kebanyakan orang ternyata mempunyai banyak sekali kelebihan atau khasiat yang menakjubkan, terutama untuk kulit wajah. Oleh karena itu, Jelitagenk sekalian tidak boleh anggap remeh informasi atau fakta yang satu ini.

Melalui artikel ini, tim Jelita berharap agar Jelitagenk sekalian tidak hanya fokus mencari informasi tentang pakaian saja. Justru Anda harus belajar cara merawat diri terutama dengan memanfaatkan bahan dari alam. Jadi, apakah sudah siap membuat perawatan wajah dari beras? Ikuti langkah di atas, dan semoga berhasil! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Terlama
Terbaru
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo