Hide Menu

Inilah 4 Cara Memutihkan Kulit dengan Kunyit dan Jeruk Nipis, Bisa Bikin Kulit Cerah!

Kepo Gimana Cara Memutihkan Kulit dengan Kunyit dan Jeruk Nipis? Temukan Jawabannya Hanya di Artikel Ini!

Artikel Cara Memutihkan Kulit dengan Kunyit dan Jeruk Nipis ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Cara Memutihkan Kulit dengan Kunyit dan Jeruk Nipis 2024
© freepik.com

Atasi Kulit Kusam dengan Kunyit dan Jeruk Nipis!

Atasi Kulit Kusam dengan Kunyit dan Jeruk Nipis!
freepik.com

Anda tidak akan menyangka jika kulit kusam menjadi satu-satunya permasalahan kulit yang sering dialami oleh banyak orang, entah itu wanita ataupun pria. Bahkan, permasalahan kulit yang satu ini bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang, lho.

Kulit kusam pastinya tidak akan muncul dengan sendirinya karena hal tersebut bisa terjadi karena pola hidup dan juga kebiasaan Jelitagenk yang buruk dan acuh tak acuh. Berikut ini adalah faktor-faktor penyebab permasalahan kulit kusam dan belang!

  • Kurangnya Asupan Air

Siapa sangka jika kurangnya asupan air merupakan salah satu penyebab kulit kusam. Oleh karena itulah Jelitagenk harus rajin mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari guna menghidrasi kulit agar lebih lembab dan tidak terlihat kusam. 

  • Jarang Menggunakan Pelembab

Penyebab kulit kusam selanjutnya adalah kurangnya penggunaan pelembab untuk badan ataupun wajah, entah itu moisturizer atau handbody. Nyatanya, kulit membutuhkan asupan air dari luar yang berasal dari pelembab badan atau wajah. Jadi, pakailah pelembab badan atau wajah setidaknya 2 kali sehari!

  • Sel Kulit Mati yang Dibiarkan Menumpuk

Jangan biarkan sel kulit mati terus-terusan menumpuk di kulit Anda! Anda harus rutin mengeksfoliasi badan dan wajah guna mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Gunakan produk eksfoliasi yang gentle agar tidak merusak lapisan kulit.

  • Punya Kebiasaan Merokok

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau kebiasaan merokok dapat memberikan efek negatif terhadap kesehatan dan kulit. Kebiasaan satu ini bisa memicu penurunan produksi kolagen, merusak kulit, menyebabkan stres oksidatif, mempercepat proses penuaan dini, dan membuat kulit jadi lebih kusam.

  • Sering Begadang atau Tidur Malam

Siapa di sini yang punya kebiasaan begadang? Mulai sekarang, Anda harus menghapus kebiasaan ini karena bisa membuat kulit wajah dan badan jadi kusam. Itu dikarenakan tubuh tidak bisa memperbaiki sel yang rusak dan memproduksi kolagen dengan maksimal.

  • Tidak Pernah Pakai Sunscreen atau Sunblock

Sering melewatkan pemakaian sunscreen atau sunblock sebelum beraktivitas membuat kulit terkena paparan sinar matahari terus-menerus. Sebagai contoh, Jelitagenk tidak pernah pakai sarung tangan, sunscreen ataupun sunblock ketika naik motor, akibatnya kulit Anda jadi kusam dan juga belang. 

  • Masih Ada Sisa Make Up, Debu, dan Kotoran

Penyebab kulit kusam yang terakhir ialah terdapat sisa makeup atau kotoran yang masih menempel di badan maupun wajah. Itu disebabkan karena Jelitagenk kurang teliti ketika membersihkan wajah dan juga badan yang mana hal tersebut dapat membuat kulit jadi sulit bernapas dan sel-sel kulit mati jadi menumpuk di kulit. 

Lantas, adakah cara untuk mengatasi permasalahan kulit kusam dan belang? Tenang saja, tim Jelita telah menemukan cara yang paling ampuh untuk mengatasi permasalahan satu ini, yaitu dengan memakai masker atau lulur alami. Nah, masker atau lulur alami satu ini berasal kunyit dan juga jeruk nipis. Daripada penasaran, yuk, ketahui cara memutihkan kulit dengan kunyi dan jeruk nipis!

Apa Manfaat atau Khasiat Kunyit dan Jeruk Nipis?

Apa Manfaat atau Khasiat Kunyit dan Jeruk Nipis?
freepik.com

Sebelum lanjut ke pembahasan inti dari artikel ini, tim Jelita ingin mengajak Jelitagenk sekalian untuk mengetahui manfaat atau khasiat jeruk nipis dan kunyit untuk wajah ataupun badan. Faktanya, kunyit memiliki kandungan kimia yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit sehingga bisa diolah menjadi obat atau produk kecantikan (Chu Yuan S, 2018:548).

Tak heran, jika ada beberapa brand kecantikan yang menggunakan kunyit sebagai bahan atau ingredients utama produknya, entah itu masker wajah atau lulur badan. Hal tersebut bisa terjadi karena kunyit mempunyai sifat antibakteri dan anti inflamasi yang bisa membuat kulit jadi tampak bercahaya dan terhindar dari penuaan dini. 

Sementara itu, jeruk nipis diperkaya dengan kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Menariknya lagi, kandungan tersebut mempunyai banyak sekali manfaat atau khasiat untuk kulit wajah ataupun badan. Mulai dari mencerahkan kulit kusam, melindungi kulit dari radikal bebas, meratakan warna kulit yang belang, sekaligus mengurangi hiperpigmentasi.

Jadi, bisa dibayangkan jika kedua bahan tersebut tercampur jadi satu. Pastinya kulit wajah dan juga badan Jelitagenk jadi cerah, bebas dari tanda-tanda penuaan dini, dan tentu saja jadi lebih sehat. Yuk, pakai cara satu ini untuk mutihin kulit muka dan juga badan dengan cepat!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Memutihkan Kulit dengan Kunyit dan Jeruk Nipis - Terbaru 2024

Di section ini, tim Jelita akan membagikan informasi terkait cara agar tangan putih menggunakan bahan-bahan alami. Pastikan Jelitagenk tidak skip satupun informasi. Simak penuturan di bawah ini untuk mengetahui cara memutihkan kulit dengan kunyit dan jeruk nipis!

1
Siapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Apa Saja Alat dan Bahan yang akan Anda Butuhkan?

Siapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

2
Masukkan Semua Bahan ke Dalam Wadah

Tuang Semua Bahan Satu Per Satu

Masukkan Semua Bahan ke Dalam Wadah

3
Aplikasikan ke Beberapa Bagian Tubuh

It's Time to Membalurkan Produknya ke Badan!

Aplikasikan ke Beberapa Bagian Tubuh

4
Bilas Sampai Bersih Menggunakan Air

Jangan Lupa untuk Membilas Produknya

Bilas Sampai Bersih Menggunakan Air

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Apa Saja Alat dan Bahan yang akan Anda Butuhkan?
© freepik.com
1
Apa Saja Alat dan Bahan yang akan Anda Butuhkan?

Siapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Rekomendasi kami

Pertama-tama, hal yang harus Jelitagenk lakukan sebelum membuat masker atau lulur dari kunyit dan jeruk nipis adalah menyiapkan alat dan bahan yang nantinya akan dibutuhkan. Hal tersebut bertujuan agar Anda tidak keteteran ketika mengikuti step berikutnya.

Berikut ini adalah alat dan bahan yang Anda butuhkan untuk membuat masker atau lulur dari kunyit dan jeruk nipis:

  1. Mangkuk atau wadah dan sendok yang bersih
  2. Bubuk kunyit
  3. Air perasan jeruk nipis
  4. Tepung beras, madu atau air perasan timun
Tuang Semua Bahan Satu Per Satu
© freepik.com
2
Tuang Semua Bahan Satu Per Satu

Masukkan Semua Bahan ke Dalam Wadah

Apabila Anda sudah menyiapkan alat dan bahan, Jelitagenk bisa melanjutkan ke step memasukkan semua bahan ke dalam mangkuk atau wadah yang bersih. Akan tetapi, Jelitagenk tidak boleh asal memasukkan bahan-bahannya sebab setiap bahan memiliki takaran masing-masing, seperti:

  • 4 sendok makan air perasan jeruk nipis
  • 1 sendok teh kunyit bubuk
  • 2 sendok makan madu, 2 sendok makan tepung beras atau 3 sendok makan air perasan timun. Anda hanya boleh memakai salah satu dari ketiga bahan tersebut.

Jika semua bahan-bahan di atas sudah Anda masukkan ke dalam wadah atau mangkuk, Jelitagenk bisa mengaduk bahan-bahan tersebut hingga tercampur merata. Pastikan tidak ada salah satu bahan yang masih menggumpal dan belum tercampur satu sama lain.

Sebagai informasi tambahan, Jelitagenk bisa mengganti air jeruk nipis menjadi air mawar jikalau Anda ingin mengaplikasikannya ke kulit wajah. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya luka bakar dan juga reaksi alergi berbahaya yang diakibatkan oleh jeruk nipis. 

It's Time to Membalurkan Produknya ke Badan!
© freepik.com
3
It's Time to Membalurkan Produknya ke Badan!

Aplikasikan ke Beberapa Bagian Tubuh

Langkah selanjutnya dari cara memutihkan kulit tubuh secara alami dengan kunyit dan jeruk nipis adalah mengaplikasikan produknya ke seluruh bagian tubuh. Mulai dari, tangan, kaki, leher, dada, paha, selangkangan, ketiak, bokong atau pantat, dan juga punggung secara merata.

Pastikan tidak ada bagian tubuh yang terlewat agar body scrub bisa mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di badan Anda. Jikalau sudah membalurkan body scrub ke seluruh badan dengan telapak tangan, gosok secara perlahan dengan gerakan memutar selama 10-15 menit. Tujuannya untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan minyak yang menumpuk di badan. 

Selain mengaplikasikan masker satu ini ke badan, Jelitagenk juga bisa menggunakan campuran kunyit dan jeruk nipis ke wajah. Cara pakainya pun mudah sekali, Anda hanya perlu mengoleskan produknya ke seluruh bagian wajah dan diamkan sekitar 15-30 menit sampai maskernya mengering. 

Jangan Lupa untuk Membilas Produknya
© freepik.com
4
Jangan Lupa untuk Membilas Produknya

Bilas Sampai Bersih Menggunakan Air

Tahap berikutnya dari cara memutihkan tangan dengan jeruk nipis dan kunyit ialah membilas produknya dengan air bersih. Jelitagenk bisa pakai air hangat ataupun dingin. Kalau Anda pakai air hangat, pastikan untuk membilasnya sekali lagi dengan air dingin. Hal ini berfungsi untuk memperkecil dan menutup pori-pori kulit Jelitagenk. 

Informasi di atas juga berlaku untuk Anda yang mengaplikasikan campuran kunyit dan jeruk nipis untuk kulit wajah karena Jelitagenk harus membilas maskernya sampai benar-benar bersih. Apabila Jelitagenk kurang bersih dalam membilas produknya, takutnya hal tersebut menimbulkan permasalahan kulit yang tidak diinginkan.

Tanya Jawab Seputar Cara Memutihkan Kulit dengan Kunyit dan Jeruk Nipis

Kurang lengkap rasanya kalau Jelitagenk belum mengetahui informasi dan fakta menarik lainnya dari cara membuat tangan putih dengan kunyit dan juga jeruk nipis. Yuk, baca section satu ini sekarang juga!

Apakah jeruk nipis bisa membuat kulit putih?

Tentu saja. Jeruk nipis kaya akan kandungan AHA dan vitamin C sehingga bisa memudarkan bekas jerawat, mencerahkan kulit, dan meratakan warna kulit. Selain jeruk nipis, Jelitagenk juga bisa menggunakan campuran kopi dan lemon, putih telur atau lidah buaya sebagai masker wajah atau body scrub untuk memutihkan kulit dan menghilangkan tampilan kusam kusam dan juga belang. 

Apakah kunyit dan jeruk nipis bisa memutihkan kulit?

Pastinya bisa. Pasalnya, jeruk nipis dan kunyit sama-sama mengandung bahan pencerah yang bisa membuat kulit Anda tampak lebih bercahaya dan pastinya glowing. Mulai sekarang, gunakan campuran kunyit dan jeruk nipis untuk mengembalikan kulit cerah!

Apakah boleh memakai masker jeruk nipis setiap hari?

Tim Jelita tidak menyarankan Jelitagenk sekalian untuk terlalu sering memakai masker jeruk nipis. Takutnya, hal tersebut akan menimbulkan reaksi alergi berbahaya, contohnya kulit menjadi gatal, munculnya ruam kemerahan, kulit jadi kering, dan lain-lain. Sebaiknya, gunakan masker jeruk nipis seminggu sekali saja. 

Kesimpulan: Cara Memutihkan Kulit dengan Kunyit dan Jeruk Nipis

Gimana, gampang sekali bukan cara pembuatan masker atau lulur alami dari kunyit dan jeruk nipis? Apabila Jelitagenk mengikuti tips dan trik yang telah kami sediakan, dijamin kulit wajah atau badan Anda akan kembali putih dan juga cerah.

Selain cara pembuatannya yang mudah, nyatanya masker atau lulur alami dari kunyit dan jeruk nipis menggunakan bahan-bahan dapur yang mudah ditemukan. Yuk, cobain masker atau lulur kunyit dan jeruk nipis sekarang juga!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Terlama
Terbaru
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo