Hide Menu

Ingin Mengatasi Kulit yang Beda Warna? Berikut 5 Cara Menghilangkan Belang di Leher

Temukan 5 Cara Menghilangkan Belang di Leher yang Dijamin Ampuh dan Harus Anda Coba. Baca Lebih Lanjut!

Artikel Cara Menghilangkan Belang di Leher ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Menghilangkan Belang di Leher 2024
© freepik.com

Kenali Penyebab Leher yang Menghitam dan Belang!

Kenali Penyebab Leher yang Menghitam dan Belang!
freepik.com

Selama ini, sebagian perempuan lebih fokus untuk merawat kulit wajah ketimbang leher. Padahal, leher termasuk salah satu bagian tubuh yang sering dilihat oleh banyak orang. Sebagai contoh, apabila terjadi perubahan warna pada leher Anda, maka orang-orang bisa melihat hal tersebut. Kalau sudah begitu, apa yang harus dilakukan?

Tapi sebelum itu, tim Jelita ingin mengajak Jelitagenk sekalian untuk mengetahui penyebab dari permasalahan kulit leher yang gelap, menghitam, dan juga belang. Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan permasalahan tersebut:

  • Kurang konsumsi air putih
  • Sering memakan junk food
  • Kulit leher sering terkena sinar matahari
  • Tidak pernah memakai sunblock
  • Jarang memakai produk bodycare
  • Kurang menjaga kebersihan badan
  • Mempunyai berat badan yang berlebihan
  • Tidak pernah eksfoliasi badan
  • Menderita penyakit diabetes
  • Kulit mengalami iritasi akibat gesekan
  • Salah satu efek samping pemakaian obat

Untuk menjawab pertanyaan mengenai cara mengatasi kulit leher yang gelap dan menghitam, Anda bisa menyimak artikel satu ini sampai habis. Jika Jelitagenk tidak menyimaknya sampai habis, rugi banget, sih. Pasalnya, tim Jelita akan membagikan beberapa tips dan trik cara menghilangkan belang di leher. So, stay tune!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Menghilangkan Belang di Leher - Terbaru 2024

Inilah saat yang Anda tunggu-tunggu, yakni mengetahui tips dan trik cara menghilangkan belang di leher. Jangan sia-siakan kesempatan, pastikan untuk menyimak section satu ini dengan saksama, ya!

1
Rutin Menggunakan Body Scrub

Bisa Mengangkat Bolot yang Membandel di Leher

Rutin Menggunakan Body Scrub

2
Pakai Produk yang Bisa Mencerahkan Leher

Basmi Garis Leher dan Tengkuk yang Menggelap!

Pakai Produk yang Bisa Mencerahkan Leher

3
Rajin Mengaplikasikan Lulur Alami

Selain Leher, Oleskan Juga ke Kaki dan Tangan

Rajin Mengaplikasikan Lulur Alami

4
Terapkan Pola Makan yang Sehat

Pakai Cara Ini Guna Mengembalikan Kulit Leher yang Cerah!

Terapkan Pola Makan yang Sehat

5
Selalu Gunakan Sunblock Kapan Pun

Biar Leher Gak Gosong, Anda Harus Pakai Sunblock!

Selalu Gunakan Sunblock Kapan Pun

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Bisa Mengangkat Bolot yang Membandel di Leher
© freepik.com
1
Bisa Mengangkat Bolot yang Membandel di Leher

Rutin Menggunakan Body Scrub

Rekomendasi kami

First things first, cara agar leher putih adalah rutin eksfoliasi kulit dengan body scrub yang gentle. Hal ini bertujuan untuk mengangkat semua sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di area belakang leher.

Gunakan body scrub yang mengandung glycolic acid, tranexamic acid, salicylic acid, niacinamide, alpha arbutin, dan lactic acid.  Jelitagenk dianjurkan untuk eksfoliasi kulit sebanyak 1-2 kali seminggu. Kalau tidak, kotoran dan daki yang ada di leher akan semakin menebal.

Pastinya Jelitagenk tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Oleh karena itulah Jelitagenk harus rutin eksfoliasi kulit biar tidak ada daki atau kotoran yang menumpuk di area belakang leher. Jangan sampai lupa! 

Basmi Garis Leher dan Tengkuk yang Menggelap!
© freepik.com
2
Basmi Garis Leher dan Tengkuk yang Menggelap!

Pakai Produk yang Bisa Mencerahkan Leher

Rekomendasi kami

Cara memutihkan kulit leher selanjutnya adalah menggunakan produk skincare atau neck care dengan kandungan pencerah, contohnya retinol, vitamin C, AHA, serta BHA. Perlu diingat kembali jika keempat kandungan tersebut tidak boleh dipakai jadi satu karena bisa menimbulkan dampak negatif yang berbahaya untuk kulit leher. 

Selain menggunakan produk skincare atau neck care, Jelitagenk juga harus rutin mengaplikasikan bodycare setiap hari, entah itu handbody ataupun body serum. Hal ini dikarenakan bodycare bisa mengatasi leher yang belang ataupun gelap. Alangkah baiknya memakai bodycare sehabis mandi biar kulit leher Anda berubah jadi lebih cerah. 

Selain Leher, Oleskan Juga ke Kaki dan Tangan
© freepik.com
3
Selain Leher, Oleskan Juga ke Kaki dan Tangan

Rajin Mengaplikasikan Lulur Alami

Rekomendasi kami

Cara memutihkan leher dengan alami berikutnya adalah rajin memakai masker atau lulur alami untuk area belakang leher. Berikut ini adalah beberapa pilihan masker atau lulur alami yang bisa Jelitagenk pakai untuk memutihkan area belakang leher:

  • Masker Yogurt, Kunyit, Lemon, dan Tepung

Siapa sangka jika racikan masker atau lulur alami satu ini mempunyai banyak sekali manfaat untuk kulit. Contohnya, mencerahkan lipatan leher yang gelap, mengurangi hiperpigmentasi, memperbaiki tekstur kulit yang kasar, dan masih banyak lagi. Gak heran karena lulur ini mengandung asam laktat, vitamin C, anti oksidan, asam sitrat, dan terakhir ada asam fitat. 

  • Masker atau Lulur Alami Susu

Masker atau lulur alami yang terbuat dari susu dikenal ampuh dalam mengatasi kulit leher yang gelap dan belang. Susu mengandung asam laktat yang bisa mencerahkan kulit secara alami. Anda hanya perlu membasahi kapas dengan susu cair, lalu oleskan ke seluruh bagian leher yang gelap. Biarkan selama 20-30 menit, kemudian bilas sampai bersih.

  • Lulur Alami dari Cuka Sari Apel

Anda tidak akan menyangka jika masker atau lulur alami satu ini bisa mengurangi hiperpigmentasi sekaligus mencerahkan kulit. Pastikan untuk mencampurkan sari cuka apel dan air terlebih dahulu dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, Jelitagenk bisa mengoleskannya ke area belakang leher dan diamkan 2-3 menit. Lalu, Anda bisa membilasnya sampai bersih. 

  • Masker atau Lulur Lidah Buaya

Faktanya, masker dari lidah buaya atau aloe vera mengandung senyawa aloesin dan juga aloin yang ampuh dalam mencerahkan dan memutihkan kulit leher. Bukan cuma itu saja, lulur alami satu ini juga bisa menghilangkan flek atau bintik-bintik hitam pada leher Anda. Gunakan masker atau lulur alami satu ini untuk mendapatkan tampilan kulit leher yang cerah, putih, dan juga glowing. 

  • Lulur Alami dari Jus Kentang

Terakhir, ampurkan jus kentang ke dalam body scrub yang biasa Anda pakai. Pasalnya, kentang diperkaya dengan bleaching compound yang dapat memutihkan area belakang leher. Jelitagenk hanya perlu menghaluskan kentang dengan blender terlebih dahulu. Selepas itu, balurkan ke seluruh bagian leher dan tunggu sampai kering, lalu bilas sampai bersih dengan air dingin. 

Pakai Cara Ini Guna Mengembalikan Kulit Leher yang Cerah!
© freepik.com
4
Pakai Cara Ini Guna Mengembalikan Kulit Leher yang Cerah!

Terapkan Pola Makan yang Sehat

Ternyata, pola makan yang sehat dan seimbang dapat mempercepat pergantian sel kulit, memperbaiki tekstur kulit, serta mencerahkan warna kulit leher tidak rata. Mulai sekarang, Jelitagenk harus rutin mengkonsumsi suplemen nutrisi serta makanan yang sehat dan bergizi jika ingin mencerahkan kulit leher yang gelap dan belang!

Bukan cuma itu, Jelitagenk juga dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari. Hal tersebut berfungsi untuk menutrisi kulit dari dalam sekaligus memutihkan kulit belakang leher yang hitam. Menariknya lagi, air putih juga dapat menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, serta menghasilkan tampilan kulit yang lebih fresh. 

Biar Leher Gak Gosong, Anda Harus Pakai Sunblock!
© freepik.com
5
Biar Leher Gak Gosong, Anda Harus Pakai Sunblock!

Selalu Gunakan Sunblock Kapan Pun

Rekomendasi kami

Kalau tidak ingin punya kulit leher yang gelap dan belang, maka Anda harus gunakan sunblock sebelum pergi berkegiatan. Sunblock bisa menyerap sinar matahari secara efektif, mencegah terjadinya gangguan kulit karena sinar matahari, serta menghindari interaksi sinar UV (IK Sandy, 2021:6). 

Sebaiknya gunakan sunblock dengan kandungan SPF minimal 30 agar kulit terlindungi dari ganasnya sinar matahari. Selain itu, Anda harus re-apply sunblock setiap 2-4 jam supaya kulit tetap terlindungi dari paparan sinar UV. Apabila Anda melakukan tips ini, leher Jelitagenk tidak akan berubah jadi hitam ataupun belang. 

Tanya Jawab Seputar Cara Menghilangkan Belang di Leher

Jangan ke mana-mana dulu karena tim Jelita akan membagikan beberapa informasi menarik yang pastinya bermanfaat untuk Jelitagenk sekalian. Yuk, temukan informasi tambahan mengenai cara menghilangkan belang di leher!

Apakah odol bisa menghilangkan daki di leher?

Hal tersebut tidak benar adanya karena odol hanya berfokus pada kesehatan gigi dan mulut. Tim Jelita tidak menganjurkan Anda untuk memakai odol sebagai salep untuk menghilangkan daki dan flek atau bercak hitam yang ada di leher.

Apakah air mawar bisa membersihkan leher hitam?

Tentu saja. Selain membersihkan muka dari kotoran, air mawar juga bisa membersihkan daki atau bolot yang menggumpal di area belakang leher. Hal tersebut dikarenakan air mawar mempunyai sifat pemutih alami yang bisa mencerahkan sekaligus menghidrasi kulit leher.

Apakah tomat bisa memutihkan leher?

Pastinya, tomat mengandung antioksidan serta likopen yang bisa melindungi kulit dari sinar UV dan mencerahkan kulit leher yang gelap. Jelitagenk hanya perlu menghaluskan tomat matang, kemudian balurkan ke seluruh leher dan biarkan selama 15-20 menit. Selanjutnya, bilas sampai bersih. 

Sebagai informasi tambahan, Jelitagenk bisa memakai cara satu ini apabila anak Anda mempunyai kulit leher yang gelap dan juga belang. Pasalnya, cara yang satu ini hanya menggunakan bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk kulit si kecil. 

Kesimpulan: Cara Menghilangkan Belang di Leher

Kapan lagi Anda bisa mengetahui tips dan trik cara memutihkan leher dengan cepat kalau bukan di Jelita. Itulah mengapa Jelitagenk sekalian harus menyimak artikel ini sampai habis. Artinya, Anda juga harus membaca kesimpulan dari pembahasan menarik satu ini.

Tim Jelita berhasil menarik kesimpulan bahwa merawat kulit leher itu tidak sepenuhnya susah bahkan cenderung gampang kalau Jelitagenk teliti dan rutin melakukannya. Sejatinya, perawatan leher itu hampir sama dengan perawatan kulit wajah. Ayo mulai merawat kulit leher, jangan hanya fokus untuk merawat kulit wajah saja!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Terlama
Terbaru
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo