Hide Menu

Korek Lebih Dalam 5 Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dan Bekasnya, Dijamin Manjur!

Berikut adalah 5 Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dan Bekasnya yang Harus Anda Coba di Rumah. Baca Penuturan Selengkapnya!

Artikel Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dan Bekasnya ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dan Bekasnya 2024
© freepik.com

Faktor Apa Saja yang Bisa Menimbulkan Jerawat Pasir?

Faktor Apa Saja yang Bisa Menimbulkan Jerawat Pasir?
freepik.com

Jerawat pasir atau lebih sering dikenal dengan sebutan bruntusan merupakan salah satu jenis jerawat yang muncul dalam jumlah banyak tapi bentuknya kecil seperti butiran pasir. Permasalahan kulit satu ini biasanya menyerang bagian wajah tertentu, contohnya kening, dagu, dan pipi.

Bukan cuma itu saja, jerawat pasir juga bisa muncul di area belekang leher, punggung, dada, dan bagian badan yang lain. Menariknya lagi, jerawat pasir mempunyai sebutan yang lain, yaitu jerawat komedonal.

Hal tersebut dikarenakan jerawat pasir terdiri dari banyak papula atau komedo kecil yang hampir sama dengan daging. Itulah mengapa bagian wajah yang terkontaminasi jerawat pasir atau bruntusan akan terasa kasar dan bergeronjal seperti gumpalan pasir. 

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa penyebab tumbuhnya jerawat pasir atau bruntusan? Faktanya, jerawat pasir atau bruntusan disebabkan oleh minyak atau sebum berlebih, sel kulit mati, dan juga kotoran yang dibiarkan menumpuk terus-menerus.

Selain itu, jerawat pasir juga disebabkan oleh beberapa faktor yang lain, sebagai berikut:

  • Terlalu banyak mengkonsumsi susu
  • Sering mengkonsumsi makanan yang berlemak dan manis
  • Kulit wajah mengalami dehidrasi yang cukup parah
  • Sering memegang dan memencet jerawat pasir
  • Produksi hormon testosteron yang berlebihan
  • Efek samping dari terapi laser atau pengelupasan kimia

Untuk mengatasi permasalahan kulit ini, Anda harus melakukan cara penanganan yang tepat agar terhindar dari iritasi. Tidak perlu risau karena tim Jelita telah menyediakan informasi yang Anda butuhkan, yakni cara menghilangkan jerawat pasir dan bekasnya. Cus, simak artikel ini hingga akhir!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dan Bekasnya - Terbaru 2024

Kali ini, tim Jelita akan membagikan beberapa tips dan trik cara menghilangkan jerawat pasir dan bekasnya yang dijamin ampuh. Penasaran? Cus, simak section satu ini dengan saksama tanpa melewatkan satu informasi pun!

1
Gunakan Produk Skincare Tertentu

Kandungan Apa Saja yang Bisa Menyembuhkan Bruntusan?

Gunakan Produk Skincare Tertentu

2
Terapkan Pola Hidup dan Makan yang Sehat

Buang Jauh-Jauh Kebiasaan Buruk Anda!

Terapkan Pola Hidup dan Makan yang Sehat

3
Aplikasikan Masker Wajah Alami

Diamkan Selama Beberapa Menit, Jangan Semalaman!

Aplikasikan Masker Wajah Alami

4
Lakukan Eksfoliasi Kulit Wajah

Cara Cepat Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Lakukan Eksfoliasi Kulit Wajah

5
Tidak Malas Double Cleansing

Jangan Pernah Lewatkan Double Cleansing

Tidak Malas Double Cleansing

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Kandungan Apa Saja yang Bisa Menyembuhkan Bruntusan?
© freepik.com
1
Kandungan Apa Saja yang Bisa Menyembuhkan Bruntusan?

Gunakan Produk Skincare Tertentu

Rekomendasi kami

Cara hilangkan jerawat pasir dan juga bekasnya yang pertama adalah rutin menggunakan produk skincare yang mengandung bahan aktif penghilang jerawat pasir atau bruntusan. Mulai dari sabun cuci muka atau facial wash, toner, essence, serum, moisturizer, dan lain-lain.

Berikut bahan aktif yang bisa mengatasi kulit bruntusan:

NiacinamideTitanium DioxideLidah Buaya
RetinoidTea Tree OilGreen Tea Extract
Salicylic AcidZinc OxideCentella Asiatica
AntioksidanBenzoyl PeroxideAzelaic Acid
Tranexamic AcidAHA BHA 

Perlu Anda ingat kembali jika Jelitagenk harus rutin skincare-an biar jerawat pasir atau bruntusan bisa sembuh dan menghilang dari wajah. Kalau malas pakai skincare, akibatnya bruntusan yang ada di wajah akan bertambah parah. Oleh karena itulah Anda tidak boleh skip pemakaian produk skincare. 

Buang Jauh-Jauh Kebiasaan Buruk Anda!
© freepik.com
2
Buang Jauh-Jauh Kebiasaan Buruk Anda!

Terapkan Pola Hidup dan Makan yang Sehat

Next, cara alami menghilangkan jerawat pasir adalah menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Hal ini bisa terjadi karena pola makan dan gaya hidup dapat mempengaruhi kondisi kulit wajah Anda.

Itulah mengapa tim Jelita menyarankan untuk menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat karena kebiasaan ini bisa menghilangkan jerawat pasir atau bruntusan yang ada di wajah Jelitagenk. Mulai sekarang, jangan malas-malasan lagi dan stop mengkonsumsi junk food!

Ganti kebiasan buruk dengan yang baik, misalnya rutin mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang, tidak mengkonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak, rajin berolahraga, dan lain-lain. Bukan cuma itu saja, Anda juga harus menjaga kebersihan wajah, tidur yang cukup, dan mengelola stres. 

Diamkan Selama Beberapa Menit, Jangan Semalaman!
© freepik.com
3
Diamkan Selama Beberapa Menit, Jangan Semalaman!

Aplikasikan Masker Wajah Alami

Rekomendasi kami

Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami selanjutnya adalah memakai masker wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami secara rutin setidaknya 1-2 kali seminggu. Ada beberapa bahan alami yang mampu mengatasi kulit bruntusan dan mencegah bakteri penyebab jerawat pasir datang kembali.

Adapun bahan yang tim Jelita maskud seperti di bawah ini:

Minyak JojobaPutih TelurEs Batu
KentangLidah BuayaTeh Hijau
TomatLemonBaking Soda
MaduCuka ApelJeruk Nipis

Sebagai opsi tambahan, Jelitagenk juga bisa pakai masker wajah dari brand kecantikan. Pastikan untuk membeli masker wajah yang formulasinya dikhususkan untuk menghilangkan jerawat pasir atau bruntusan. Tim Jelita juga telah menyediakan beberapa rekomendasi masker wajah yang worth it buat Jelitagenk coba.

Cara Cepat Menghilangkan Bruntusan di Wajah
© freepik.com
4
Cara Cepat Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Lakukan Eksfoliasi Kulit Wajah

Rekomendasi kami

Untuk mengatasi bruntusan atau jerawat pasir, Anda bisa lakukan eksfoliasi wajah secara berkala sekiranya 1-2 kali dalam seminggu. Ingat, Jelitagenk bisa pakai face scrub yang gentle ketika eksfoliasi wajah.

Face scrub dapat mengangkat sel kulit mati yang merupakan penyebab bruntusan secara mendalam dengan ikatan abrasi yang lebih tinggi menggunakan partikel scrub (Lola SN, 2021:2). Tidak hanya face scrub, Jelitagenk juga bisa pakai produk skincare yang mengandung bahan aktif glycolic acid, lactic acid, salicylic acid, AHA, BHA, retinoid, ataupun retinol.

Akan tetapi, perlu Anda ingat kembali jika Jelitagenk harus menyesuaikannya dengan jenis kulit yang Anda miliki supaya tidak terjadi reaksi alergi. Selain itu, eksfoliasi kulit wajah juga bisa meratakan sekaligus menghaluskan kulit wajah.

Jangan Pernah Lewatkan Double Cleansing
© freepik.com
5
Jangan Pernah Lewatkan Double Cleansing

Tidak Malas Double Cleansing

Rekomendasi kami

Last but not least, cara ngilangin jerawat pasir dan bekasnya yang bisa Anda coba adalah rajin double cleansing setelah berkegiatan sehari-hari. Jelitagenk bisa pakai micellar water, cleansing oil, cleansing balm atau cleansing cream guna membersihkan semua kotoran, minyak, dan makeup.

Sehabis itu, cucilah muka dengan facial wash yang gentle. Apabila Jelitagenk selalu menerapkan teknik double cleansing, kulit wajah Anda nantinya akan terbebas dari jerawat pasir atau bruntusan.

Selain itu, double cleansing juga mempunyai fungsi yang lain, yakni mencegah tumbuhnya bakteri penyebab bruntusan agar tidak semakin parah. Maka, jangan malas untuk double cleansing, ya!

Tanya Jawab Seputar Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dan Bekasnya

Setelah membahas mengenai cara menghilangkan jerawat pasir dan bekasnya, tim Jelita akan mengajak Anda ke section selanjutnya yang berisi beberapa informasi tambahan. Ayo baca penuturannya!

Jerawat kecil-kecil di pipi karena apa?

Salah satu penyebab jerawat kecil-kecil di pipi adalah sarung bantal atau sprei yang kotor. Sebaiknya, Jelitagenk rutin mengganti sarung bantal atau sprei setiap seminggu sekali biar tidak ada bakteri atau kuman yang menempel. Pasalnya, bakteri atau kuman yang berasal dari sarung bantal yang kotor akan menyebabkan jerawat serta menyumbat pori-pori kulit. 

Apa ciri-ciri jerawat pasir?

Jerawat pasir atau bruntusan adalah suatu kondisi kulit yang ditandai dengan bintik atau bentolan kecil yang tidak berwarna merah melainkan hitam atau putih. Selain itu, jerawat pasir atau bruntusan biasanya tumbuh di area dahi atau jidat dan dagu. Kalau Jelitagenk clueless mengenai bentuk jerawat pasir, Anda bisa mencari gambarnya di Google.

Jerawat mendem dikasih apa?

Jelitagenk bisa mengaplikasikan salep atau obat jerawat yang mengandung retinoid, salicylic acid atau benzoyl peroxide. Caranya gampang sekali, Anda hanya perlu mengoleskan obat jerawat ke area kulit wajah yang menjadi tempat tumbuhnya jerawat mendem. 

Apakah jerawat pasir dan komedo itu sama?

Berbeda, dong. Faktanya, jerawat pasir adalah permasalahan kulit yang ditandai dengan bintik-bintik kecil berwarna putih atau hitam dan disertai dengan rasa gatal. Sedangkan komedo adalah suatu kondisi kulit yang berasal dari sel kulit mati dan minyak yang menumpuk serta menyumbat pori-pori kulit. Biasanya, komedo tumbuh di kulit wajah maupun badan, contohnya hidung, bahu, dada, dan lain-lain. 

Kesimpulan: Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dan Bekasnya

Siapa sangka jika cara penanganan bruntusan atau jerawat pasir sangatlah mudah. Tapi, yang Anda butuhkan adalah kesabaran karena bruntusan tidak bisa hilang dengan sendirinya. Jika Anda melakukan tips dan trik di atas secara rutin, kulit wajah Jelitagenk nantinya akan terbebas dari jerawat pasir atau bruntusan.

Selain menyediakan tips dan trik untuk Jelitagenk sekalian, tim Jelita juga menyediakan rekomendasi produk yang bisa Anda pakai untuk mengatasi jerawat pasir. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, implementasikan tips dan trik di atas supaya jerawat pasir bisa hilang dengan cepat dan tidak bertambah parah!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Terlama
Terbaru
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo