Hide Menu

Segera Terapkan 5 Cara Menghilangkan Wajah Belang dan Kusam, Dijamin Ampuh!

Hari Gini Kulit Wajah Masih Belang dan Kusam? Berikut 5 Cara Menghilangkan Wajah Belang dan Kusam yang Bisa Anda Coba!

Artikel Cara Menghilangkan Wajah Belang dan Kusam ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Menghilangkan Wajah Belang dan Kusam 2024
© freepik.com

Wajah Belang dan Kusam adalah Momok Semua Wanita

Wajah Belang dan Kusam adalah Momok Semua Wanita
freepik.com

Siapa sangka jika insecurity terhadap kondisi kulit wajah menjadi salah satu masalah terbesar yang masih menghantui dan mengganggu rasa percaya diri semua wanita. Tak heran jika semua wanita gila-gilaan membeli produk skincare guna membasmi momok mengerikan satu ini, tidak lain dan tidak bukan kulit wajah yang belang dan kusam. 

Menariknya lagi, permasalahan kulit satu ini berada di urutan teratas sebagai masalah yang paling ditakuti oleh Gen X, Millennials, dan Gen Z. Melihat hal satu ini membuat banyak brand kecantikan mulai berbondong-bondong mengeluarkan produk skincare yang diklaim mampu mengatasi kulit wajah belang dan kusam. 

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir dan kebingungan lagi untuk menghadapi permasalahan kulit satu ini mulai sekarang. Pasalnya, tim Jelita telah menemukan tips dan trik cara menghilangkan wajah belang dan kusam yang pastinya ampuh dan layak untuk Anda coba di rumah. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, simak artikel ini dengan saksama!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Menghilangkan Wajah Belang dan Kusam - Terbaru 2024

Di section inilah Jelitagenk akan menemukan beberapa tips dan trik cara menghilangkan wajah belang dan kusam. Pastikan Anda tidak melewatkan satu informasi pun, ya. Yuk, baca sekarang juga!

1
Rajin Eksfoliasi Kulit Wajah

Bisa Mengangkat Semua Sel Kulit Mati yang Membandel

Rajin Eksfoliasi Kulit Wajah

2
Selalu Gunakan Sunscreen atau Tabir Surya

Aplikasikan Sunscreen ke Wajah dan Leher

Selalu Gunakan Sunscreen atau Tabir Surya

3
Rutin Memakai Masker Wajah

Anda Bisa Pakai Masker Wajah Alami atau yang Lainnya

Rutin Memakai Masker Wajah

4
Gunakan Produk Brightening Skincare

Hempas Kulit Kusam dan Belang Selama-lamanya!

Gunakan Produk Brightening Skincare

5
Terapkan Pola Makan yang Sehat

Mulai Sekarang, Anda Harus Menjaga Pola Makan

Terapkan Pola Makan yang Sehat

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Bisa Mengangkat Semua Sel Kulit Mati yang Membandel
© freepik.com/kamranaydinov
1
Bisa Mengangkat Semua Sel Kulit Mati yang Membandel

Rajin Eksfoliasi Kulit Wajah

Rekomendasi kami

Cara mengatasi belang pada wajah yang pertama adalah lakukan eksfoliasi wajah sebanyak 1-2 kali dalam seminggu secara rutin. Hal tersebut bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di kulit wajah Anda.

Bukan cuma itu saja, eksfoliasi wajah juga bisa mempercepat proses pertumbuhan sel kulit baru sehingga kulit wajah Anda akan tampak lebih cerah. Jelitagenk bisa pakai produk yang mengandung retinol, glycolic acid (AHA) atau salicylic acid (BHA) ketika melakukan eksfoliasi wajah.

Jika Anda termasuk pemula dan baru pertama kali mencoba eksfoliasi wajah, ada baiknya pakai produk eksfoliasi dengan tingkat konsentrasi yang rendah. Selain itu, Jelitagenk dianjurkan untuk mengaplikasikan sunscreen sehabis eksfoliasi wajah. 

Jangan melakukan eksfoliasi wajah secara berlebihan karena hal tersebut bisa menyebabkan iritasi dan membuat lapisan kulit jadi lebih tipis. Tidak hanya itu saja, Jelitagenk juga harus melakukan proses eksfoliasi wajah dengan benar supaya tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Aplikasikan Sunscreen ke Wajah dan Leher
© freepik.com
2
Aplikasikan Sunscreen ke Wajah dan Leher

Selalu Gunakan Sunscreen atau Tabir Surya

Rekomendasi kami

Selain rutin eksfoliasi wajah, Jelitagenk juga wajib menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas di luar maupun dalam ruangan guna melindungi kulit dari sinar UV. Supaya sunscreen bekerja secara maksimal dalam melindungi kulit, sebaiknya gunakan sunscreen minimal SPF 50 serta PA++++.

Tidak ada ketentuan khusus harus pakai sunscreen jenis apa karena Jelitagenk bisa pakai chemical, physical ataupun hybrid sunscreen. Akan tetapi, perlu diingat kembali jika Anda harus re-apply sunscreen setiap 2 jam sekali biar kulit wajah tetap terlindungi dari ganasnya sinar matahari.

Percaya deh, kulit wajah Jelitagenk akan terlindungi dari bahaya kulit belang, kusam, dan juga gelap. Selain melindungi kulit wajah dari sinar matahari, Anda juga harus melindungi kulit tubuh dari ganasnya sinar matahari dengan sunblock.

Aplikasikan sunblock secara merata ke seluruh badan, mulai dari tangan, kaki, leher, dan lain bagian tubuh yang lain. Pasalnya, salah satu penyebab kulit wajah dan badan yang belang dan kusam adalah sinar matahari. 

Anda Bisa Pakai Masker Wajah Alami atau yang Lainnya
© freepik.com
3
Anda Bisa Pakai Masker Wajah Alami atau yang Lainnya

Rutin Memakai Masker Wajah

Rekomendasi kami

Cara mengatasi kulit wajah belang selanjutnya adalah rutin memakai masker wajah, entah itu clay mask, sheet mask, mud mask atau peel off mask. Pasalnya, masker wajah mampu menghilangkan bintik hitam atau bekas jerawat, mencerahkan kulit belang atau kusam, serta menutrisi kulit wajah (MR Miranti, 2023:6).

Untuk mendapat hasil maksimal, gunakan masker wajah setidaknya 3-4 kali seminggu. Apabila rutin pakai masker wajah, dijamin kulit wajah Anda akan terasa lebih segar dan terbebas dari sel kulit mati. Gak heran karena masker wajah adalah salah satu ‘jalan ninja’ untuk mendapatkan tampilan kulit wajah yang lebih sehat, ternutrisi, dan cerah secara instan dan cepat.

Hempas Kulit Kusam dan Belang Selama-lamanya!
© freepik.com
4
Hempas Kulit Kusam dan Belang Selama-lamanya!

Gunakan Produk Brightening Skincare

Rekomendasi kami

Cara menghilangkan belang di muka berikutnya adalah menggunakan produk brightening skincare secara rutin, entah itu serum, toner, face wash, essence, moisturizer, dan lain sebagainya. Pastikan produk skincare yang Anda gunakan diperkaya dengan bahan aktif pencerah.

Misalnya, vitamin C, azelaic acid, alpha arbutin, kojic acid, niacinamide, licorice extract, tranexamic acid, dan terakhir ada symwhite 377. Berbagai macam bahan aktif tersebut dipercaya mampu mencerahkan kulit wajah yang kusam dan belang dengan cepat, bahkan dalam waktu 1 hari saja.

Hal tersebut bisa saja terjadi apabila Jelitagenk memakai produk brightening skincare yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit. Sebagai contoh, kalau Jelitagenk punya tipe kulit sensitif, better pakai produk brightening skincare dengan tingkat konsentrasi yang rendah. 

Mulai Sekarang, Anda Harus Menjaga Pola Makan
© freepik.com
5
Mulai Sekarang, Anda Harus Menjaga Pola Makan

Terapkan Pola Makan yang Sehat

Cara agar wajah tidak belang yang terakhir adalah merawat kulit wajah dari dalam dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Contohnya, sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin serta mineral.

Bukan cuma itu, Jelitagenk juga harus menghindari makanan yang mengandung banyak gula, kering, pedas, serta berlemak atau berminyak. Selain makanan yang sehat dan bergizi, Jelitagenk juga dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter atau 10 gelas setiap harinya.

Hal tersebut bertujuan untuk menghidrasi, menutrisi, sekaligus mencerahkan kulit wajah Anda yang cenderung kusam. Bukan tanpa sebab, kulit wajah yang kekurangan cairan nantinya akan menimbulkan banyak sekali persoalan kulit wajah.

Tanya Jawab Seputar Cara Menghilangkan Wajah Belang dan Kusam

Untuk Jelitagenk yang masih kepo dan butuh informasi tambahan, Anda bisa menyimak section satu ini dengan saksama. Yuk, temukan fakta dan informasi tambahan seputar cara menghilangkan wajah belang dan kusam!

Apakah belang di wajah bisa permanen?

Anda tidak perlu khawatir karena kulit wajah yang belang tidak bersifat permanen dan bisa disembuhkan. Oleh karena itulah Jelitagenk harus rutin memakai produk brightening skincare. Kalau ingin berhasil, proses satu ini memerlukan waktu yang panjang dan pastinya tidak sebentar. 

Kenapa kulit wajah belang padahal sudah pakai sunscreen?

Hal tersebut bisa terjadi karena Jelitagenk tidak menggunakan sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit dan anjuran dari dokter kulit. Bukan cuma itu saja, siapa tahu selama ini Anda kurang tepat dalam mengaplikasikan sunscreen. 

Berapa lama mengembalikan warna kulit wajah?

Untuk mengembalikan warna kulit wajah, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 3-4 minggu apabila Jelitagenk rutin menggunakan produk brightening skincare. Kalau Anda ingin mempercepat proses mencerahkan kulit, Jelitagenk bisa coba untuk facial di salon atau spa. 

Kesimpulan: Cara Menghilangkan Wajah Belang dan Kusam

Siapa sangka jika kulit wajah yang kusam dan belang adalah ciri kulit wajah yang rusak dan harus Anda perbaiki dengan segera. Biasanya, permasalahan kulit wajah yang belang dan kusam diakibatkan oleh diri Anda sendiri. Contohnya mengkonsumsi junk food, tidak pernah pakai sunscreen, malas pakai skincare, dan masih banyak lagi. 

Selain itu, kulit wajah kusam dan belang tidak bisa hilang dengan cepat karena penanganannya cukup susah dan butuh kesabaran ekstra. Setelah tahu fakta satu ini, tim Jelita berharap agar Jelitagenk lebih aware dan peduli lagi terhadap kulit wajah Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Segera praktikan tips dan trik di atas sebelum terlambat!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Terlama
Terbaru
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo