Hide Menu

Hari Gini Masih Belum Tahu 3 Perbedaan Komedo dan Pori-Pori? Berikut Penuturannya!

Simak Artikel Ini untuk Menemukan Perbedaan Komedo dan Pori-Pori beserta Penjelasannya supaya Anda Gak Bingung Lagi!

Artikel Perbedaan Komedo dan Pori-Pori ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Perbedaan Komedo dan Pori-Pori 2024
© freepik.com

Serem Banget Kalau Punya Pori-Pori Besar dan Komedo!

Serem Banget Kalau Punya Pori-Pori Besar dan Komedo!
freepik.com

Selain jerawat dan bruntusan, ternyata pori-pori besar dan komedo juga termasuk momok terseram semua orang, mau itu pria ataupun wanita. Tak heran, jika orang-orang ingin memberantas persoalan kulit satu ini.

Bukan apa-apa, wajah yang penuh dengan komedo dan pori-pori besar bisa membuat seseorang jadi kurang percaya diri sehingga mereka akan merasa malu bila bertemu banyak orang. Sayangnya, ada sebagian orang yang masih bingung dengan perbedaan pori-pori besar dan komedo.

Padahal pori-pori besar dan komedo adalah dua persoalan yang sangat berbeda. Itulah mengapa pori-pori kulit wajah yang besar serta komedo mempunyai cara penanganan yang berbeda. Artinya, Jelitagenk tidak boleh asal ketika menangani pori-pori besar ataupun komedo membandel.

Mulai sekarang, Jelitagenk sekalian tidak akan kebingungan lagi saat membedakan pori-pori kulit wajah yang besar dan komedo! Pasalnya, tim Jelita telah merangkum penjelasan mengenai perbedaan komedo dan pori-pori besar.

Penasaran dengan kelanjutan dari artikel ini? Cus, scroll setiap section di artikel ini dan simak penuturannya dengan saksama!

Adakah Cara Mengatasi Pori-Pori Besar dan Komedo?

Adakah Cara Mengatasi Pori-Pori Besar dan Komedo?
freepik.com/jcomp

Mari merapat untuk Jelitagenk yang bertanya-tanya apakah pori-pori besar dan komedo bisa dihilangkan. Pasalnya, tim Jelita akan menjawab pertanyaan dari Jelitagenk. Sebelum itu, tim Jelita ingin mengajak Jelitagenk untuk membaca penuturan di bawah terlebih dahulu.

Ternyata, ada banyak sekali metode yang bisa Jelitagenk gunakan untuk menghilangkan komedo dan pori-pori kulit wajah yang besar secara permanen. Mulai dari cara alami hingga perawatan medis yang dilakukan oleh dokter atau ahli kulit.

Akan tetapi, itu semua kembali ke pilihan masing-masing karena ada orang yang memilih melakukan perawatan medis sebab tidak mau repot. Kalau Jelitagenk ingin tahu lebih dalam mengenai cara mengatasi pori-pori kulit wajah yang besar dan komedo, Anda bisa simak artikel satu ini.

Tim Jelita jamin Jelitagenk tidak akan menyesal jika membaca artikel ini sampai habis. Bukan tanpa sebab, nantinya Anda akan menemukan banyak sekali informasi dan fakta menarik yang tidak bisa Jelitagenk temukan di artikel lainnya. So, stay tune!

I. Carlita
Writer
Content Writer

Suka menonton film bergenre action tapi sangat menyukai produk kecantikan apalagi fashion. Terutama lip product dan tas yang super lucu.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Jelita. Meski Jelita terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Jelita. Silakan baca kebijakan editorial Jelita untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Perbedaan Komedo dan Pori-Pori - Terbaru 2024

Di section ini, tim Jelita akan membagikan informasi mengenai faktor apa saja yang menjadi pembeda antara pori-pori kulit vs komedo. Pastikan Anda tidak skip satu informasi pun kalau tidak mau rugi dan menyesal di kemudian hari. Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk, temukan perbedaan komedo dan pori-pori!

1
Penjelasan Mengenai Pori-Pori Kulit

Cari Tahu Cara Mengecilkan Pori-Pori yang Paling Ampuh!

Penjelasan Mengenai Pori-Pori Kulit

2
Penuturan Mengenai Komedo

Temukan Informasi Terkait Penyebab dan Ciri-Ciri Komedo!

Penuturan Mengenai Komedo

Anda bisa percaya Jelita. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Jelita meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Cari Tahu Cara Mengecilkan Pori-Pori yang Paling Ampuh!
© freepik.com
1
Cari Tahu Cara Mengecilkan Pori-Pori yang Paling Ampuh!

Penjelasan Mengenai Pori-Pori Kulit

Rekomendasi kami

Ternyata, salah satu bagian wajah yang bisa Anda lihat secara kasat mata adalah pori-pori kulit. Sebelum membahas lebih jauh mengenai pori-pori kulit, tim Jelita ingin mengajak Jelitagenk untuk mengetahui arti yang sebenarnya dari pori-pori kulit.

Faktanya, pori-pori adalah pembukaan menuju folikel rambut yang di dalamnya terdapat kelenjar yang mampu memproduksi minyak. Minyak atau sebum yang berasal dari pori-pori kulit wajah akan menjaga kelembapan kulit Jelitagenk agar tidak mudah kering dan tetap terhidrasi sepanjang hari.

Bukan cuma itu saja, sebum atau minyak yang keluar dari pori-pori kulit wajah juga bisa menyesuaikan suhu tubuh dengan panas dari pelepasan energi serta perubahan suhu pada lingkungan. 

Selanjutnya, tim Jelita akan membahas mengenai macam-macam pori-pori kulit wajah. Pasalnya, ukuran pori-pori kulit wajah tiap orang itu berbeda-beda tergantung usia dan jenis kelamin. Daripada penasaran, mending simak penuturan di bawah ini!

  • Pori-pori besar berbentuk O biasanya terjadi pada area t-zone atau bagian wajah yang cenderung berminyak. Kalau Anda punya tipe kulit yang berminyak atau rentan berjerawat, bisa jadi Jelitagenk punya pori-pori berbentuk O atau bulat. 
  • Pori-pori berbentuk Y mempunyai bentuk yang hampir sama dengan tetesan air. Umumnya, pori-pori tipe ini tersebar di kedua sisi permukaan pipi Jelitagenk. Pori-pori berbentuk Y juga bisa dianggap sebagai folikel rambut yang menua. 
  • Pori-pori berbentuk U sering kali ditemukan pada tipe kulit yang kering. Meskipun penyebutannya pori-pori berbentuk U, nyatanya pori-pori tipe ini tidak memiliki bentuk yang sama persis dengan huruf ‘U’ karena bentuknya samar-samar.

Apabila Jelitagenk berniat untuk mengecilkan pori-pori, Anda bisa pakai beberapa cara. Contohnya rajin eksfoliasi wajah, selalu pakai sunscreen, kompres wajah pakai es batu, memilih produk skincare yang tepat, dan rutin mengaplikasikan masker. Cara-cara tersebut juga bisa mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori kulit agar terhindar dari jerawat dan komedo.

Temukan Informasi Terkait Penyebab dan Ciri-Ciri Komedo!
© freepik.com
2
Temukan Informasi Terkait Penyebab dan Ciri-Ciri Komedo!

Penuturan Mengenai Komedo

Rekomendasi kami

Komedo adalah salah satu permasalahan kulit yang ditandai dengan benjolan atau bintik kecil yang muncul di pori-pori kulit muka maupun badan. Mulai dari punggung, dada, dagu, tangan, bahu, hidung, dan terakhir ada kening.

Meskipun komedo tidak menyebabkan rasa sakit, tapi hal tersebut akan berbeda apabila komedo mengalami infeksi. Tahukah Anda jika komedo adalah salah satu permasalahan kulit yang harus segera diatasi?

Pasalnya, komedo yang tertimbun di dalam pori-pori wajah dapat memicu munculnya noda hitam, jerawat, dan masih banyak lagi (M Adianti, 2023:66). Oleh karena itulah, Jelitagenk harus rutin merawat serta membersihkan komedo secara berkala.

Berikut beberapa macam komedo yang harus Anda ketahui:

  • Komedo putih atau komedo tertutup, yaitu jenis komedo yang terbentuk karena penyumbatan folikel rambut sehingga menyebabkan clogged pore.
  • Komedo hitam atau komedo terbuka adalah jenis komedo yang berasal dari sel kulit mati dan minyak berlebih yang tersumbat di dalam pori-pori kulit.
  • Micro komedo ialah salah satu jenis komedo yang ukurannya sangat kecil dan tidak terlihat.
  • Macrocomedones yakni jenis komedo tertutup yang berukuran lebih dari 2-3 milimeter.
  • Komedo matahari merupakan jenis komedo yang terbentuk dari kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.
  • Komedo memiliki sifat non-inflamasi, biasanya tidak mengandung bakteri atau nanah yang bisa memicu timbulnya jerawat.

Untuk mengatasi sekaligus menghilangkan komedo membandel bisa pakai krim atau salep benzoyl peroxyde, pore pack, peel off mask ataupun blackhead mask. Jelitagenk harus rutin menggunakan salah satu produk tersebut setidaknya 1-2 kali seminggu supaya komedo tidak bertambah parah. Tenang saja karena proses pengangkatan komedo tidak akan meninggalkan bekas.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Komedo dan Pori-Pori

Jangan tutup artikel ini dulu! Jelitagenk melewatkan satu section yang harus dibaca dengan saksama. Masalahnya, section satu ini berisi informasi tambahan seputar perbedaan komedo dan pori-pori yang pastinya tidak kalah menarik. Yuk, baca penuturannya sekarang juga!

Apakah memencet komedo membuat pori-pori besar?

Siapa sangka jika terlalu sering memencet komedo bisa mengakibatkan pori-pori kulit jadi membesar. Jikalau pori-pori kulit Jelitagenk semakin membesar, hal tersebut akan menyebabkan penumpukan sel kulit mati dan kotoran sehingga menimbulkan lebih banyak komedo. 

Apa yang terjadi jika komedo tidak dibersihkan?

Apabila komedo tidak diatasi dan dibersihkan dengan benar, hal ini bisa membuat warna kulit wajah jadi tidak rata, menimbulkan jerawat, dan tekstur kulit wajah jadi kasar. Oleh karena itulah, Jelitagenk harus membersihkan komedo secara rutin biar tidak terjadi permasalahan kulit yang lain. 

Kenapa pori-pori menghitam?

Salah satu penyebab mengapa pori-pori kulit wajah jadi menghitam adalah penumpukan sel kulit mati dan minyak berlebih di dalam pori-pori kulit. Apabila sumbatan satu ini mengenai udara luar, maka yang terjadi adalah oksidasi sehingga pori-pori kulit wajah berubah menjadi lebih gelap dan kehitaman.

Apa tanda-tanda pori-pori besar?

Berikut ciri-ciri kalau Anda mempunyai pori-pori kulit yang besar:

  • Ukuran pori-pori bisa Anda lihat dengan kasat mata
  • Produksi sebum atau minyak yang berlebihan
  • Muncul whitehead dan blackhead pada hidung
  • Kulit wajah rentan terkena jerawat dan bruntusan
  • Tampilan makeup jadi terlihat flacky dan mudah luntur

Bahan alami apa saja yang bisa memberantas komedo?

Temukan beberapa macam bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk memberantas komedo hingga ke akarnya!

Putih Telur dan LemonGaram MaduBubuk Kopi
Kulit JerukLidah BuayaJeruk Nipis
TomatEs BatuTea Tree Oil
Baking SodaGula dan Minyak ZaitunPepaya
OatmealMadu dan Kayu ManisTeh Hijau
Cuka ApelJus Lemon 

Apa bedanya komedo dan Sebaceous Filament?

Pada dasarnya, komedo adalah suatu persoalan kulit yang ditandani dengan bintik atau benjolan berwarna hitam atau putih di beberapa bagian wajah atau badan tertentu. Sedangkan sebaceous filament merupakan permasalahan kulit yang berbentuk bintik-bintik hitam, ukurannya lebih kecil, rata, dan warnanya lebih terang. Sebaceous filament biasanya berawarna coklat muda, kuning atau abu-abu. 

Kesimpulan: Perbedaan Komedo dan Pori-Pori

Sebelum mengakhiri pembahasan ini, tim Jelita akan menyampaikan beberapa poin penting sebagai kalimat penutup. Ternyata, pori-pori kulit dan komedo adalah dua hal yang berbeda karena pori-pori kulit adalah titik pengeluaran sel kulit mati dan minyak berlebih yang menumpuk.

Apabila sel kulit mati dan minyak berlebih dibiarkan menumpuk terus-menerus, hal tersebut akan menyebabkan komedo. Kalau Jelitagenk sekalian masih bingung mengenai bentuk pori-pori kulit dan komedo, Anda bisa mencari gambar terkait di Google.

Di sana, Jelitagenk akan menemukan banyak sekali gambar mengenai macam-macam pori-pori kulit dan komedo. Oh iya, jika Jelitagenk ingin mengecilkan pori-pori kulit atau menghilangkan komedo, Anda bisa beli produk rekomendasi yang telah disediakan oleh tim Jelita. Semoga berhasil! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Jelita adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Jelita mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Terlama
Terbaru
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo